PEDOMAN PEMBUATAN PERTANYAAN ANGKET
A.
ASPEK-ASPEK
MINAT MEMBACA:
Junaidi (2009) memberikan kesimpulan bahwa aspek-aspek
minat membaca adalah:
a.
Sikap umum
terhadap aktivitas membaca.
b.
Pilihan
spesifik untuk menyukai aktivitas membaca.
c.
Merasa
senang dengan aktivitas membaca.
d.
Mendatangkan
kepuasan pribadi ketika melakukan aktifitas membaca.
e.
Membaca
mempunyai nilai lebih dan memiliki arti penting bagi seseorang.
f.
Memperoleh
manfaat ketika melakukan aktifitas membaca.
g.
Bersifat
menetap dengan kata lain tidak bersifat sementara saja.
h.
Melakukan
aktifitas membaca secara berulang-ulang.
B.
RUMUSAN
INDIKATOR:
Berdasarkan kesimpulan tersebut dapat dirumuskan
indikator minat membaca Al Qur’an sebagai berikut:
a. Siswa merasa bahwa kegiatan membaca Al Qur’an merupakan kebutuhan.
b. Siswa melakukan kegiatan membaca Al
Qur’an atas kesadaran dan keinginan pribadi.
c. Siswa merasa senang dengan kegiatan
membaca Al Qur’an.
d. Siswa mendapat kepuasan setelah membaca
Al Qur’an.
e. Siswa merasa mempunyai nilai lebih dan
arti penting dengan kegiatan membaca Al Qur’an.
f. Siswa memperoleh manfaat dari kegiatan
membaca Al Qur’an.
g. Siswa selalu melakukan kegiatan membaca
Al Qur’an.
h. Siswa melakukan kegiatan membaca Al
Qur’an secara berulang-ulang.
C.
PENJABARAN
INDIKATOR:
Rumusan penjabaran indikator minat membaca Al Qur’an sebagai berikut:
1. Apakah siswa merasa bahwa kegiatan
membaca Al Qur’an merupakan kebutuhan.
a. Apakah siswa membaca Al Qur’an merupakan
kebutuhan.
b. Apakah siswa membaca Al Qur’an merupakan
kewajiban.
c. Apakah siswa membaca Al Qur’an atas
dasar kesadaran.
d. Apakah siswa membaca Al Qur’an merupakan
panggilan jiwa.
2. Apakah siswa melakukan kegiatan membaca
Al Qur’an atas kesadaran dan keinginan pribadi.
a. Apakah siswa membaca Al Qur’an agar
pintar Agama Islam
b. Apakah siswa membaca Al Qur’an agar dapat
mengerjakan tes PAI.
c. Apakah siswa membaca Al Qur’an agar
dapat juara.
d. Apakah siswa membaca Al Qur’an agar tidak diremehkan.
3. Apakah siswa merasa senang dengan
kegiatan membaca Al Qur’an.
a. Apakah siswa dengan membaca Al Qur’an hati
jadi tenang.
b. Apakah siswa dengan membaca Al Qur’an hati
merasa senang.
c. Apakah siswa dengan membaca Al Qur’an
hati menjadi bangga.
d. Apakah siswa merasa gelisah jika tidak
membaca Al Qur’an.
4. Apakah siswa mendapat kepuasan setelah
membaca Al Qur’an.
a. Apakah siswa setelah membaca Al Qur’an merasa
puas.
b. Apakah siswa setelah membaca Al Qur’an merasa
ingin melanjutkan membaca lagi.
c. Apakah siswa setelah membaca Al Qur’an merasa
lebih berharga.
5. Apakah siswa merasa mempunyai nilai
lebih dan arti penting dengan kegiatan membaca Al Qur’an.
a. Apakah dengan membaca Al Qur’an kepercayaan
diri siswa meningkat.
b. Apakah setelah membaca Al Qur’an siswa merasa
lebih berarti.
c. Apakah kegiatan membaca Al Qur’an
menjadikan siswa merasa lebih terhormat.
6. Apakah siswa memperoleh manfaat dari
kegiatan membaca Al Qur’an.
a. Apakah dengan Al Qur’an membaca siswa
menjadi lebih pintar Agama.
b. Apakah dengan membaca Al Qur’an siswa dapat
dengan lebih mudah mengerjakan
tes PAI
c. Apakah dengan membaca Al Qur’an siswa
menjadi lebih percaya diri.
d. Apakah ketegangan siswa berkurang karena membaca Al
Qur’an.
7. Apakah siswa selalu melakukan kegiatan
membaca Al Qur’an.
a. Apakah siswa membaca Al Qur’an pada
malam hari sebelum tidur.
b. Apakah siswa membaca Al Qur’an pada
pagi hari sesudah subuh.
c. Apakah siswa membaca Al Qur’an sehabis
shalat duhur.
d. Apakah siswa membaca Al Qur’an pada sore
hari setelah shalat asar.
8. Apakah siswa melakukan kegiatan membaca
Al Qur’an secara berulang-ulang.
a. Apakah siswa selalu mengulangi membaca Al
Qur’an pada ayat
yang telah dibaca.
b. Apakah siswa membaca ayat-ayat selanjutnya.
c. Apakah siswa setiap membaca Al Qur’an
sambil melihat terjemahan..
d. Apakah siswa selalu mengerjakan soal
latihan materi Al Qur’an yang ada..
D. RUMUSAN KISI-KISI PERTANYAAN ANGKET
ASPEK
|
TEMA
|
OPSI
|
SCORE
|
(1)
Sikap
umum terhadap aktivitas membaca Al
Qur’an
|
1) Membaca Al Qur’an merupakan kebutuhan.
2) Membaca Al Qur’an merupakan kewajiban.
3) Membaca Al Qur’an atas dasar kesadaran.
4) Membaca Al Qur’an merupakan panggilan jiwa.
|
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
|
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1
|
(2)
Pilihan
spesifik untuk menyukai aktivitas membaca Al Qur’an
|
5) Membaca Al Qur’an agar dipuji
6) Membaca Al Qur’an agar pintar agama
islam
7) Membaca Al Qur’an agar dapat juara.
8) Membaca Al Qur’an agar tidak diremehkan.
|
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
|
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1
|
(3)
Merasa
senang dengan aktivitas membaca Al
Qur’an
|
9) Dgn
membaca Al Qur’an hati jadi tenang.
10) Dgn
membaca Al Qur’an hati merasa senang.
11) Dgn
membaca Al Qur’an hati menjadi bangga.
12) Merasa
gelisah jika tidak membaca Al Qur’an
|
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
|
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1
|
(4)
Mendatangkan
kepuasan pribadi ketika melakukan aktifitas membaca Al Qur’an
|
13) Setelah
membaca Al Qur’an merasa puas.
14) Setelah
membaca Al Qur’an merasa ingin melanjutkan
membaca lagi.
15) Setelah
membaca Al Qur’an merasa lebih berharga.
|
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
|
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1
|
(5)
Membaca Al Qur’an mempunyai
nilai lebih dan memiliki arti penting bagi seseorang.
|
16) Membaca Al Qur’an dapat meningkatkan kepercayaan diri.
17) Setelah
membaca Al Qur’an merasa lebih berarti.
18) Kegiatan
membaca Al Qur’an menjadikan saya lebih
terhormat.
|
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
|
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1
|
(6)
Memperoleh
manfaat dengan metode nagham ketika membaca Al Qur’an
|
19) Dengan
metode nagham membaca Al Qur’an menjadi mudah
20) Dengan
metode nagham membaca Al Qur’an menjadi menyenangkan.
21) Dengan metode nagham suasana belajar dikelas menjadi
relax dan fresh
22) Ketegangan berkurang karena membaca Al Qur’an dengan nagham
|
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
|
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1
|
(7)
Bersifat
menetap dengan kata lain tidak bersifat sementara saja.
|
23) Membaca Al Qur’an pada malam hari sebelum tidur
24) Membaca Al Qur’an pada pagi hari sesudah
subuh
25) Membaca Al Qur’an
sehabis shalat duhur.
26) Membaca
pada sore hari setelah shalat asar.
|
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
|
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1
|
(8)
Melakukan
aktifitas membaca Al Qur’an secara berulang-ulang.
|
27) Selalu
mengulangi membaca Al Qur’an ayat yang telah dibaca.
28) Membaca
ayat-ayat selanjutnya.
29) Setiap
membaca Al Qur’an sambil melihat terjemahan.
30) Selalu
mengerjakan soal latihan materi Al Qur’an yang ada.
|
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
|
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1
|
E. INSTRUMEN
PERTANYAAN:
IDENTITAS :
|
PENGANTAR :
Mohon para siswa memberikan jawaban
secara jujur sesuai dengan pikiran dan perasaan serta
kebiasaan para siswa.
Jawaban para siswa akan dijaga kerahasiaannya dan tidak akan
memberikan resiko
apapun bagi para siswa. Jawaban jujur para siswa akan menjadi data yang
sangat
berharga dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini akan diperlukan dalam
pengambilan
kebijakan mengenai penanganan terhadap tema terkait. Terima kasih.
PETUNJUK :
Berilah tanda silang (X) pada pilihan a,
b, c, d, atau e yang sesuai dengan pikiran dan perasaan
serta
kebiasaan para siswa.
Berikut
ini merupakan keyakinan, pikiran, perasaan dan kebiasaan saya;
1. Membaca Al Qur’an merupakan kebutuhan.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
2. Membaca
Al Qur’an merupakan kewajiban.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
3. Membaca
Al Qur’an atas dasar kesadaran.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
4. Membaca
Al Qur’an merupakan panggilan jiwa.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
5. Membaca
Al Qur’an agar dipuji.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
6. Membaca
Al Qur’an agar dapat mengerjakan tes
PAI
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
7. Membaca
Al Qur’an agar dapat juara.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
8. Membaca
Al Qur’an agar tidak diremehkan.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
9. Dengan
membaca Al Qur’an hati jadi tenang.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
10. Dengan membaca Al
Qur’an hati merasa senang.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
11. Dengan membaca Al
Qur’an hati menjadi bangga.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
12. Merasa gelisah jika tidak
membaca Al Qur’an.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
13. Setelah membaca Al
Qur’an merasa puas.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
14. Setelah membaca Al
Qur’an merasa ingin melanjutkan membaca lagi
ayat selanjutnya
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
15. Setelah membaca Al
Qur’an merasa lebih berharga.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
16. Membaca Al Qur’an dapat
meningkatkan kepercayaan diri.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
17. Setelah membaca Al
Qur’an merasa lebih berarti.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
18. Dengan
membaca Al Qur’an menjadikan saya lebih terhormat.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
19. Dengan
membaca Al Qur’an jadi lebih pintar
Agama Islam
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
20. Dengan
membaca Al Qur’an dapat mengerjakan tes
PAI dengan lebih mudah.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
21. Dengan
membaca Al Qur’an jadi lebih percaya diri
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
22. Ketegangan berkurang karena
membaca Al Qur’an.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
23. Membaca
Al Qur’an pada malam hari sebelum tidur
.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
24. Membaca
Al Qur’an pada pagi hari setelah subuh.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
25. Membaca
Al Qur’an sehabis shalat duhur
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
26. Membaca
Al Qur’an pada sore hari setelah shalat
ashar.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
27. Selalu
mengulangi membaca Al Qur’an ayat Al Qur’an
yang telah dibaca.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
28. Membaca
ayat-ayat selanjutnya.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
29. Setiap
membaca Al Qur’an sambil melihat
terjemahan
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
30. Selalu
mengerjakan soal latihan materi Al Qur’an yang ada.
a.
Selalu b.
Sering c. Kadang d.
Jarang e.
Tidak pernah
Komentar
Posting Komentar