Senin, 29 April 2013

PEDOMAN PEMBUATAN PERTANYAAN ANGKET



A.    ASPEK-ASPEK MINAT MEMBACA:

Junaidi (2009) memberikan kesimpulan bahwa aspek-aspek minat membaca adalah:
a.       Sikap umum terhadap aktivitas membaca.
b.      Pilihan spesifik untuk menyukai aktivitas membaca.
c.       Merasa senang dengan aktivitas membaca.
d.      Mendatangkan kepuasan pribadi ketika melakukan aktifitas membaca.
e.       Membaca mempunyai nilai lebih dan memiliki arti penting bagi seseorang.
f.       Memperoleh manfaat ketika melakukan aktifitas membaca.
g.      Bersifat menetap dengan kata lain tidak bersifat sementara saja.
h.      Melakukan aktifitas membaca secara berulang-ulang.


B.     RUMUSAN INDIKATOR:
Berdasarkan kesimpulan tersebut dapat dirumuskan indikator minat membaca Al Qur’an sebagai berikut:
a.    Siswa merasa bahwa kegiatan membaca Al Qur’an merupakan kebutuhan.
b.    Siswa melakukan kegiatan membaca Al Qur’an atas kesadaran dan keinginan pribadi.
c.    Siswa merasa senang dengan kegiatan membaca Al Qur’an.
d.   Siswa mendapat kepuasan setelah membaca Al Qur’an.
e.    Siswa merasa mempunyai nilai lebih dan arti penting dengan kegiatan membaca Al Qur’an.
f.     Siswa memperoleh manfaat dari kegiatan membaca Al Qur’an.
g.    Siswa selalu melakukan kegiatan membaca Al Qur’an.
h.    Siswa melakukan kegiatan membaca Al Qur’an secara berulang-ulang.

C.     PENJABARAN INDIKATOR:
Rumusan penjabaran indikator minat membaca Al Qur’an sebagai berikut:
1.      Apakah siswa merasa bahwa kegiatan membaca Al Qur’an merupakan kebutuhan.
a.       Apakah siswa membaca Al Qur’an merupakan kebutuhan.
b.      Apakah siswa membaca Al Qur’an merupakan kewajiban.
c.       Apakah siswa membaca Al Qur’an atas dasar kesadaran.
d.      Apakah siswa membaca Al Qur’an merupakan panggilan jiwa.

2.      Apakah siswa melakukan kegiatan membaca Al Qur’an atas kesadaran dan keinginan pribadi.
a.       Apakah siswa membaca Al Qur’an agar pintar Agama Islam
b.      Apakah siswa membaca Al Qur’an agar dapat mengerjakan tes PAI.
c.       Apakah siswa membaca Al Qur’an agar dapat juara.
d.      Apakah siswa membaca Al Qur’an agar tidak diremehkan.
3.      Apakah siswa merasa senang dengan kegiatan membaca Al Qur’an.
a.       Apakah siswa dengan membaca Al Qur’an hati jadi tenang.
b.      Apakah siswa dengan membaca Al Qur’an hati merasa senang.
c.       Apakah siswa dengan membaca Al Qur’an hati menjadi bangga.
d.      Apakah siswa merasa gelisah jika tidak membaca Al Qur’an.
4.      Apakah siswa mendapat kepuasan setelah membaca Al Qur’an.
a.       Apakah siswa setelah membaca Al Qur’an merasa puas.
b.      Apakah siswa setelah membaca Al Qur’an merasa ingin melanjutkan membaca lagi.
c.       Apakah siswa setelah membaca Al Qur’an merasa lebih berharga.
5.      Apakah siswa merasa mempunyai nilai lebih dan arti penting dengan kegiatan membaca Al Qur’an.
a.       Apakah dengan membaca Al Qur’an kepercayaan diri siswa meningkat.
b.      Apakah setelah membaca Al Qur’an siswa merasa lebih berarti.
c.       Apakah kegiatan membaca Al Qur’an menjadikan siswa merasa lebih terhormat.
6.      Apakah siswa memperoleh manfaat dari kegiatan membaca Al Qur’an.
a.       Apakah dengan Al Qur’an membaca siswa menjadi lebih pintar Agama.
b.      Apakah dengan membaca Al Qur’an siswa dapat dengan lebih mudah mengerjakan tes PAI
c.       Apakah dengan membaca Al Qur’an siswa menjadi lebih percaya diri.
d.      Apakah ketegangan siswa berkurang karena membaca Al Qur’an.
7.      Apakah siswa selalu melakukan kegiatan membaca Al Qur’an.
a.       Apakah siswa membaca Al Qur’an pada malam hari sebelum tidur.
b.      Apakah siswa membaca Al Qur’an pada pagi hari sesudah subuh.
c.       Apakah siswa membaca Al Qur’an sehabis shalat duhur.
d.      Apakah siswa membaca Al Qur’an pada sore hari setelah shalat asar.
8.      Apakah siswa melakukan kegiatan membaca Al Qur’an secara berulang-ulang.
a.       Apakah siswa selalu mengulangi membaca Al Qur’an pada ayat yang telah dibaca.
b.      Apakah siswa membaca ayat-ayat selanjutnya.
c.       Apakah siswa setiap membaca Al Qur’an sambil melihat terjemahan..
d.      Apakah siswa selalu mengerjakan soal latihan materi Al Qur’an yang ada..
D. RUMUSAN KISI-KISI PERTANYAAN ANGKET
ASPEK
TEMA
OPSI
SCORE
(1)   Sikap umum terhadap aktivitas membaca Al Qur’an
1)      Membaca Al Qur’an merupakan kebutuhan.
2)      Membaca Al Qur’an merupakan kewajiban.
3)      Membaca Al Qur’an atas dasar kesadaran.
4)      Membaca Al Qur’an merupakan panggilan jiwa.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah
a.       5
b.      4
c.       3
d.      2
e.       1
(2)   Pilihan spesifik untuk menyukai aktivitas membaca Al Qur’an
5)      Membaca Al Qur’an agar dipuji
6)      Membaca Al Qur’an agar pintar agama islam
7)      Membaca Al Qur’an agar dapat juara.
8)      Membaca Al Qur’an agar tidak diremehkan.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah
a.       5
b.      4
c.       3
d.      2
e.       1
(3)   Merasa senang dengan aktivitas membaca Al Qur’an
9)      Dgn membaca Al Qur’an hati jadi tenang.
10)  Dgn membaca Al Qur’an hati merasa senang.
11)  Dgn membaca Al Qur’an hati menjadi bangga.
12)  Merasa gelisah jika tidak membaca Al Qur’an
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah
a.       5
b.      4
c.       3
d.      2
e.       1
(4)   Mendatangkan kepuasan pribadi ketika melakukan aktifitas membaca Al Qur’an
13)  Setelah membaca Al Qur’an merasa puas.
14)  Setelah membaca Al Qur’an merasa ingin melanjutkan membaca lagi.
15)  Setelah membaca Al Qur’an merasa lebih berharga.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah
a.       5
b.      4
c.       3
d.      2
e.       1
(5)   Membaca Al Qur’an mempunyai nilai lebih dan memiliki arti penting bagi seseorang.
16)  Membaca Al Qur’an dapat meningkatkan kepercayaan diri.
17)  Setelah membaca Al Qur’an merasa lebih berarti.
18)  Kegiatan membaca Al Qur’an menjadikan saya lebih terhormat.

a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah
a.       5
b.      4
c.       3
d.      2
e.       1
(6)   Memperoleh manfaat dengan metode nagham ketika membaca Al Qur’an
19)  Dengan metode nagham membaca Al Qur’an menjadi mudah
20)  Dengan metode nagham membaca Al Qur’an menjadi menyenangkan.
21)  Dengan metode nagham suasana belajar dikelas menjadi relax dan fresh
22)  Ketegangan berkurang karena membaca Al Qur’an dengan nagham
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah
a.       5
b.      4
c.       3
d.      2
e.       1
(7)   Bersifat menetap dengan kata lain tidak bersifat sementara saja.
23)  Membaca Al Qur’an pada malam hari sebelum tidur
24)  Membaca Al Qur’an pada pagi hari sesudah subuh
25)  Membaca Al Qur’an sehabis shalat duhur.
26)  Membaca pada sore hari setelah shalat asar.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah
a.       5
b.      4
c.       3
d.      2
e.       1
(8)   Melakukan aktifitas membaca Al Qur’an secara berulang-ulang.
27)  Selalu mengulangi membaca Al Qur’an ayat yang telah dibaca.
28)  Membaca ayat-ayat selanjutnya.
29)  Setiap membaca Al Qur’an sambil melihat terjemahan.
30)  Selalu mengerjakan soal latihan materi Al Qur’an yang ada.
a.       Selalu
b.      Sering
c.       Kadang-kadang
d.      Jarang
e.       Tidak pernah
a.       5
b.      4
c.       3
d.      2
e.       1
E. INSTRUMEN PERTANYAAN:

IDENTITAS                        :


Kelas : ..........            No. Absen : ..........      Nama : ...........................................

PENGANTAR         :
Mohon para siswa memberikan jawaban secara jujur sesuai dengan pikiran dan perasaan serta
kebiasaan para siswa. Jawaban para siswa akan dijaga kerahasiaannya dan tidak akan
memberikan resiko apapun bagi para siswa. Jawaban jujur para siswa akan menjadi data yang
sangat berharga dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini akan diperlukan dalam pengambilan
kebijakan mengenai penanganan terhadap tema terkait. Terima kasih.

PETUNJUK                        :
Berilah tanda silang (X) pada pilihan a, b, c, d, atau e yang sesuai dengan pikiran dan perasaan
serta kebiasaan para siswa.
 BUTIR PERTANYAAN:
Berikut ini merupakan keyakinan, pikiran, perasaan dan kebiasaan saya;
1.    Membaca Al Qur’an merupakan kebutuhan.
a. Selalu                b. Sering         c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
2.  Membaca Al Qur’an merupakan kewajiban.
a. Selalu                b. Sering         c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
3.  Membaca Al Qur’an atas dasar kesadaran.
a. Selalu                b. Sering         c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
4.  Membaca Al Qur’an merupakan panggilan jiwa.
a. Selalu                b. Sering         c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
5.  Membaca Al Qur’an agar dipuji.
a. Selalu                b. Sering         c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
6.  Membaca Al Qur’an agar dapat mengerjakan tes PAI
a. Selalu                b. Sering         c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
7.  Membaca Al Qur’an agar dapat juara.
a. Selalu                b. Sering         c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
8.  Membaca Al Qur’an agar tidak diremehkan.
a. Selalu                b. Sering         c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
9.  Dengan membaca Al Qur’an hati jadi tenang.
a. Selalu                b. Sering         c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
10. Dengan membaca Al Qur’an hati merasa senang.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
11. Dengan membaca Al Qur’an hati menjadi bangga.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
12. Merasa gelisah jika tidak membaca Al Qur’an.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
13. Setelah membaca Al Qur’an merasa puas.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
14. Setelah membaca Al Qur’an merasa ingin melanjutkan membaca lagi ayat selanjutnya
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
15. Setelah membaca Al Qur’an merasa lebih berharga.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
16. Membaca Al Qur’an dapat meningkatkan kepercayaan diri.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
17. Setelah membaca Al Qur’an merasa lebih berarti.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
18.  Dengan membaca Al Qur’an menjadikan saya lebih terhormat.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
19.  Dengan membaca Al Qur’an jadi lebih pintar Agama Islam
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
20.  Dengan membaca Al Qur’an dapat mengerjakan tes PAI dengan lebih mudah.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
21.  Dengan membaca Al Qur’an jadi lebih percaya diri
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
22.  Ketegangan berkurang karena membaca Al Qur’an.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
23.  Membaca Al Qur’an pada malam hari sebelum tidur .
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
24.  Membaca Al Qur’an pada pagi hari setelah subuh.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
25.  Membaca Al Qur’an sehabis shalat duhur
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
26.  Membaca Al Qur’an pada sore hari setelah shalat ashar.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
27.  Selalu mengulangi membaca Al Qur’an ayat Al Qur’an yang telah dibaca.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
28.  Membaca ayat-ayat selanjutnya.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
29.  Setiap membaca Al Qur’an sambil melihat terjemahan
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah
30.  Selalu mengerjakan soal latihan materi Al Qur’an yang ada.
  a. Selalu                b. Sering       c. Kadang               d. Jarang          e. Tidak pernah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar