Sabtu, 11 Oktober 2014

AKU RINDU

Salah satu karakter manusia adalah senang terhadap keindahan (seni). Yaitu pesona alam yang sejuk dipandang mata (seni rupa) serta alunan alam yang asyik dinikmati telinga (seni suara). Begitu pula dengan menyanyi (nasyid), sebab menyanyi itu merupaka fitrah manusia yang senang pada keindahan. Lagu tersebut dilantunkan untuk menghiasi hati manusia agar terhibur dengan menikmati serta menghayati tiap bait syair yang dilantunkan dengan suara merdu.
Untaian lantunan lagu tersebut diharapkan hati seseorang akan tergerak untuk merasakan keindahan ciptaan Allah sekaligus mengakui kekuasaan-Nya. Karena itulah Imam Al Ghazali menyatakan " Siapa saja yang hatinya tidak tergerak oleh sebuah lagu, maka orang tersebut kurang sempurna akalnya, tidak seimbang dan tidak punya spiritualitas." (Mukhtashar Ihya' Ulumuddin,116)
Bersyukurlah orang yang memiliki jiwa seni. Orang berjiwa seni memiliki ciri khas mudah sedih dan tersentuh dengan alunan nada-nada syahdu, namun juga mudah bahagia karena jiwanya terhibur. Untuk itu jangan mudah larut dalam kesedihan, tapi bagi yang jatuh cinta ini ada sebuah lagu yang bisa meluluhkan hati. he he nikmati secara positif ya...