VALENTINE DAY


Islam mengajarkan agar kita selalu bertindak hati-hati termasuk dalam hal meniru sebuah budaya dari bangsa lain, apalagi budaya itu muncul dari kalangan orang kafir dan sangat tidak cocok dengan ajaran Islam, seperti pesta makan bediri pada acara pesta pernikahan yang kita kenal istilah standing party.

Padahal Islam sudah mengatur bahwa makan minum agar dilakukan dengan duduk seperti disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Anas r.a. : Sesungguhnya Nabi saw melarang seorang laki-laki minum sambil berdiri”. (HR Muslim). Tapi justru hal ini sekarang menjadi kebiasaan kebanyakan orang dikalangan kita, waduh pusiiing..... aku,,,,,kenapa bisa begitu ya.....???
Sebenarnya meniru itu boleh tapi lihat-lihat dulu yang ditiru dengan kaca mata Islam. Islam mengingatkan bahwa meniru berarti termasuk golongan yang ditiru, maka jika kita meniru budaya orang kafir yang ditakutkan kita termasuk golongan mereka. Ngeri ya...???

Sekarang bagaimana nih dengan kebiasaan anak muda kita yang setiap tahun sangat mementingkan satu moment yaitu valentine yang diyakini sebagai hari kasih sayang, dimana pada kesempatan ini mereka saling bertukar kartu, kado atau simbul-simbul lain sebagai ungkapan rasa cinta kepada kekasihnya. Bagaimana ya??? Kenapa sih harus valentine apakah di dalam islam tidak ada kasih sayang sehingga harus mengambil istilah dari yang lain? Apakah sudah tahu sebenarnya apa itu valentine? Di dalam sebuah artikel disebutkan bahwa Hari Valentine (bahasa Inggris: Valentine's Day) atau disebut juga Hari Kasih Sayang, pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat. Asal-muasalnya yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma didiskusikan di artikel Santo Valentinus.  (http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Kasih_Sayang). Lalu bagaimana pandangan Islam dalam merayakan valentine day? Untuk lebih jelasnya silahkan klik atau tautan ini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROGRAM EKSTRA TILAWATIL QUR'AN DAN CONTOH PROPOSAL KEAGAMAAN

FATAYA SHOP

PEDOMAN PEMBUATAN PERTANYAAN ANGKET